Industri hiburan di Indonesia semakin berkembang dengan majunya teknologi. Maka dengan berkembangnya teknologi, para musisi pun mempunyai pemikiran untuk menjalankan sebuah “Pertunjukan” atau yang sering disebut dengan “Konser”. Apa sih yang ada dipikiran kamu mendengar kata konser? Banyak orang? Adanya musisi papan atas? atau pergelaran yang diadakan dari sekolah atau universitas? Dari pada banyak tanya, Berikut ini adalah penjelasannya.

Apa Yang Dimaksud Dengan Konser?

Konser (pertunjukan) merupakan sebuah pertunjukan musik yang dilakukan oleh berbagai musisi atau yang lainnya yang dihadapkan secara langsung dengan penonton atau fans (penggemar). Konser berasal dari bahasa Italia yaitu “Concerto” dan dari bahasa latin “Concertare” yang artinya berjuang, atau bisa dikatakan berlomba dengan orang lain.

Konser dilakukan dalam berbagai macam, ukuran yang diadakan pada rumah ataupun ditempat makan (Cafe), pada ruangan yang khusus, arena taman, bahkan sampai distadion olahraga yang diiringin oleh ansembel musik, orkestra, paduan suara ataupun para dancer. Konser dalam ruangan yang diadakan pada tempat-tempat besar bisa disebut dengan “Arena konser” atau “Amfiteater”.

Selepas dari tempat tersebut, biasanya musisi yang mengadakan konser langsung dihadapkan ke penonton (fans) karena konser membutuhkan support dari mereka. Sebelum dilakukannya konser, para musisi diberi kesemptan untuk melakukan latihan ditempat yang sama agar berjalan dengan lancar.

Selain pengertian yang telah dijelaskan diatas, pertunjukan dibagi menjadi beberapa jenis sebagai berikut:

  • Pertunjukan Pendidikan, merupakan sebuah pertunjukan yang dilakukan oleh para siswa siswi yang bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada siswa/i serta mahasiswa.
  • Pertunjukan Hiburan, merupakan sebuah pertunjukan yang bertujuan untuk memberikan hiburan kepada masyarakat sakitar.
  • Pertunjukan Penerangan, merupakan pertunjukan yang didalamnya mengandung suatu tujuan untuk memberikan infomasi kepada masyarakat.
  • Pertunjukan Amal, merupakan pertunjukan yang dilakukan untuk keperluan amal seperti dana yang terkumpul disumbangkan ke mesjid atau bisa ke panti asuhan.
  • Pertunjukan Komersial, merupakan sebuah pertunjukan yang bertujuan semata-mata untuk mencari uang.

Apa Saja Yang Dibutuhkan Untuk Menggelar Konser?

Ketika kamu dan tim kamu ingin membuat sebuah konser yang besar, kamu juga harus menyediakan beberapa perlengkapan dan hal lainnya agar konser tersebut berjalan dengan lancar. Berikut penjelasannya:

  • Panggung, merupakan tempat berdirinya para musisi atau yang lainnya. Panggung menjadi perlengkapan yang utama ketika ingin membuat sebuah konser karena dipanggunglah para musisi bisa menampilkan karya yang dimilikinya dengan sebaik mungkin.
  • Sound System, merupakan sistem perangkat elektronik untuk mengolah sinyal suara dan meningkatkan level suara sehingga terjadi kelipatan Gain suara yang kemudian diterjemahkan atau disalurkan ke bagian Loudspeaker sehingga terdengar kembali oleh telinga penonton dengan kekuatan suara yang meningkat.
  • Microphone, merupakan alat pengeras suara yang digunakan para musisi untuk bernyanyi diatas panggung dengan volume yang deras.
  • Alat Musik, merupakan instrumen yang dibuat atau dimodifikasikan dengan tujuan menghasilkan alunan musik. Pada prinsipnya, segala sesuatu diproduksi dan akhirnya menghasilkan suara pastinya berasal dari alat musik.
  • Pemain musik, merupakan orang yang berperan dalam konser yang sedang memainkan alat musik untuk mengisi suara dari penyanyi tersebut, agar penyanyi itu bisa masuk ke dalam suasana dan isi dari lagu yang dibawakan. Selain penyanyi disini juga pemain musik juga berperan penting dalam pembawaan musik.
  • Penyanyi, merupakan orang yang sangat berperan penting dam sebuah konser karena dialah peran utama dalam konser tersebut untuk memeriahkannya.
  • Panitia, merupakan orang-orang yang dibentuk untuk membantu melaksanakan suatu pertunjukann dengan tugasnya masing-masing, seperti mempercepat suatu pertunjukan, membagi tata letak penonton dan sebagainya agar konser tersebut berjalan dengan selancar mungkin.
  • Kursi, merupakan tempat untuk para penonton bisa duduk. Tetapi kalau konser yang dilakukan diluar ruangan pastinya tidak menggunakan kursi karena itu dapat membuat sempit para penonton dan membuat tidak nyamannya penonton.

 

Hal Yang Harus Dilakukan Agar Konser Berjalan Lancar

Bagi promotor atau penyelenggara acara konser pastinya menginginkan konser yang mereka kerjakan berjalan dengan sempurna tanpa adanya suatu halangan. Dan mungkin untuk kamu yang baru saja berkecimpung di dunia Event organizer mungkin kamu harus tau beberapa hal ini.

1. Tujuan Diadakannya Konser

Langkah pertama dibuatnya konser ialah adanya sebuah tujuan. Tujuan konser bisa seperti menghibur masyarakat sekitar, mempromosikan suatu barang, mendapatkan keuntungan materi, menggalang masa, atau bisa bertujuan yang lain seperti menemukan suasana dan kenangan baru, meningkatkan semangat dalam tubuh, dan sebagainya.

2. Persiapkan Data dan Pendanaan 

Jika tujuan dari konser sudah didapatkan, segera data apa saja yang dibutuhkan agar konser berjalan dengan lancar dan mewah. Pendataan bisa dilakukan dimulai dari adanya peralatan apa saja yang diperlukan, tiket, panggung dan biaya musisi. Sesudah semuanya didata, lalu bicarakan berapa dana yang harus dikeluarkan selama konser berjalan. Apabila dana tidak mencukupi sesuai dengan target, kamu dan tim bisa melakukan penggalangan dana ataupun meminta sponsor dari perusahaan apa saja. Dengan dilakukannya penggalangan dana, beban dana bisa lebih ringan.

3. Menyusun Proposal yang Menarik

Langkah ke tiga ialah dengan dilakukannya pembuatan Proposal yang merupakan gambaran dari kegiatan beserta anggaran yang dibutuhkan. Isi proposal harus semenarik mungkin agar pihak sponsor tertarik. Pastikan, Anda menyampaikan konsep acara dan kebutuhan dana secara jelas.

Sponsor tidak akan menolak proposal jika dinilai menguntungkan kedua belah pihak. Semisal, Anda menawarkan fasilitas yang sudah dirancang oleh rim panitia, lalu dibicarakan kepada pihak sponsor. Lalu pihak tim juga menawarkan untuk logo yang dimilkiki oleh pihak sponsor bisa diletakkan ke spanduk yang akan dipasang dalam konser tersebut.

4. Menyusun Strategi Penjualan Tiket

Lalu, langkah ke empat yaitu dengan dilakukannya pemasaran tiket konser tersebut. Anda bisa menawarkan kepada siapa saja, mulai dari teman, keluarga, pacar, atau bahkan lainnya. Sebenarnya melakukan penjualan tiket konser itu gampang-gampang susah, tapi kalau Anda ingin mudah dalam penjualannya Anda harus mencari relasi atau yang bisa membantu Anda untuk bersedia dalam menjualkan tiket konser sampai habis.

5. Memilih Event Organizer Sesuai Dengan Tema

Tidak ingin ambil pusing untuk memikirkan bagaimana konsep yang harus dibuat dalam sebuah konser, kamu bisa saja menggunakan jas Event Organizer (EO) yang kamu percayai. Tim EO bisa menyelesaikan masalah agar cepat selesai karna tim EO memiliki konsep-konsep yang sudah disediakan sesuan dengan keinginan yang dimulai dari menyusun tema, jadwal, panggung serta peralatan yang akan digunakan ketika konser.

Ketika kamu sedang sibuk mengurus semuanya, tim EO bisa mengubungi musisi terbaik sesuai dengan keinginan Anda untuk menjalankan konser tersebut. Jangan takut, soal anggaran mereka pasti mampu mengelolanya dengan baik. Seberapapun yang diminta klien, tim EO akan berusaha menyesuaikan dengan dana yang telah disesuaikan.

Itulah penjelasan mengenai konser atau bisa dikatakan dengan pertunjukan. Dengan adanya artikel ini semoga dapat menambah wawasan. Tunggu artikel selanjutnya.

This is a Sidebar position. Add your widgets in this position using Default Sidebar or a custom sidebar.