Kalian pasti sudah pernah mendengar seseorang yang menyanyi dengan irama yang cepat. Biasanya musik yang menemani para penyanyi ini adalah rap. Bagi yang tidak mengetahui tentang rap, pasti akan merasa aneh dengan musik ini. Nah, apakah kalian ingin mengetahui lebih banyak tentang musik rap ini? Kalian bisa melihatnya disini.

Rap Ternyata Memiliki Hubungan Dengan Hip Hop

Yang dimaksud dengan rap adalah salah satu jenis musik yang masih berhubungan dengan Hip-hop. Musik rap ini menggunakan teknik vokal yang melakukan perkataan dengan cepat. Seseorang yang melakukan rap disebut sebagai rapper.

Biasanya, rap akan diiringi oleh DJ atau oleh sebuah band. Jika ditelusuri lebih dalam maka asal dari musik rap ini adalah Afrika, di mana berabad-abad yang lalu musik Hip-Hop masih belum ada, Afrika Baratlah yang telah memberikan cerita tentang musik berirama yang dulunya masih bernama griots. Penggunaan musik tersebut akhirnya telah diakui oleh seniman masa kini.

Seorang rapper biasanya sama seperti penyanyi lainnya, yaitu bernyanyi solo. Contohnya adalah Nas, Jay-Z dan Kanye West. Ada pula rapper yang menjadi anggota band, misalnya Mike Shinoda dari Linkin Park.

Umumnya sih, para rapper ini kebanyakan berkulit hitam karena banyak rapper yang dikatakan berasal dari daerah pinggiran di Amerika Serikat. Namun, meskipun seperti itu tetap saja ada  rapper yang berkulit putih seperti Eminem, Macklemore dan Pitbull. Rapper sering disebut pula dengan MC ataupun Emcee (Master of Ceremony). Di Jamaika, istilah rapper dapat disebut Dee-Jay seperti Sean Paul.

Afrika Merupakan Tempat Munculnya Nyanyian Rap Ini

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, bahwa musik rap ini awalnya berasal dari Afrika. Menurut penelitian suku-suku disana selalu mengabadikan sejarah mereka dalam bait-bait ritmik dan nyanyian.

Karena masih banyaknya suku-suku yang ada di sana, maka masih banyak terdapat bahasa daerah yang bahasa mereka masih dipakai dan tidak dilupakan. Jadi, untuk tetap menjaga sejarah dan legenda mereka pun menggunakan lagu dan ritmik untuk menceritakannya. Karena pada waktu para pedagang budak berkulit putih datang dan memisahkan mereka dari keluarga dan suku mereka.

Ketika memasuki tahun 1970 secara perlahan musik rap mulai dikenal oleh banyak orang. Namun perkembangannya masih sangat lambat dan masih dilakukan oleh seorang MC.

Freestyle rap mulai menunjukan taringnya pada tahun 1981 dan ini bermula ketika Kool Moe Dee menantang Busy Bee Starski melalui rap battle dan Busy Bee Starski benar-benar tidak bisa menjawab lirik-lirik yang dikeluarkan Kool Moe Dee: “Every time I hear it I throw a fit / Party after party the same ole shit / Record after record, rhyme after rhyme / Always wanna know your zodiac sign / He changed the shit to your favorite jeans / Come on Busy Bee tell me what that means / Hold on brother man don’t you say nothin’ / I’m not finished yet, I gotta tell you something” ,

Lirik itulah yang mematikan Busy Bee Straski dan akhirnya ini telah menjadi sebuah lirik yang dikenang di dunia freestyle rap hingga saat ini. Freestyle rap merupakan sebuah improvisasi dari para rapper dalam penampilannya.

Salah satu bagian dari freestyle rap ini disebut rap battle, yaitu situasi di mana dua orang rapper bertemu di atas panggung dan saling menghujat secara brgantian dengan kata-kata yang tajam, pedas dan sedikit kasar.

Para rapper tersebut akan diberi waktu oleh MC dan diiringi dengan musik yang dimainkan oleh DJ. Disinilah tingkat kreatvitas para rapper  akan diuji, karena pengolahan kalimat merupakan sebuah senjata yang sangat mematikan bagi lawannya.

Hingga saat ini rap battle masih saja berlangsung di dunia musik Hip Hop walau tidak saling berhadapan. Mereka lebih sering melakukannya melalui lirik dalam lagu-lagu mereka. Bahkan terkadang perang lirik ini berakhir dengan keributan dan kematian, seperti yang terjadi pada 2Pac melawan Biggie’s.

Karakteristis Dari Musik Rap

Musik rap berasal pada awal 1970-an, ketika itu musik dansa elektronik dan hip hop mulai menjadi populer di klub dansa di seluruh negeri. Menurut EZ Tracks, munculnya DJ dan pembawa acara berkoresponden dengan awal musik rap.

Para MC juga telah memperkenalkan para rapper dan DJ, yang bekerja sama untuk menciptakan lagu baru dan asli. Istilah “mengetuk” pada awalnya adalah istilah untuk percakapan yang kemudia diteruskan ke genre musik saat menjadi semakin populer. Nah, di bawah ini ada beberapa ciri dari musik rap yang kalian harus tahu.

  • Pre recorder tracks

Dalam musik rap, pre recorder tracks, biasanya terdiri dari instrumentasi elektronik atau ketukan drum, ini akan dimainkan sebagai latar belakang, yaitu pada saat rapper membacakan lirik lagu.

Ketika rapper berimprovisasi, mereka harus mengikuti irama agar terdengar keren. Para DJ akan bertanggung jawab untuk memilih dan memainkan lagu, yang mungkin dia manipulasi untuk melengkapi garis rapper.

Menurut sebuah artikel online di Yale-New Haven Teachers Institute, penggunaan DJ awalnya berasal dari Jamaika, di mana DJ akan membuat slogan seperti “work it” atau “move up” ke trek yang sudah direkam sebelumnya untuk mendorong orang banyak untuk menari.

  • Ketukan berirama

Lagu rap ini selalu memiliki irama ritmik, biasanya dalam tanda waktu 4/4. Ketukan yang mantap dan kuat ini akan membuat musik rap menjadi semakin populer di klub dansa. Ketukan sangat kuat pada garis bass terkadang dapat mendominasi instrumentasi lainnya.

  • Lirik yang berbasis

Meskipun terdapat ketukan yang kuat dan mantap adalah jangkar untuk lagu rap, sumber asli orisinalitasnya adalah lirik. Dua lagu rap ini memang dapat memiliki pra recorder track yang sama, namun harus dilakukan dengan interpretasi liris yang berbeda.

Lirik rap ini cenderung mengikuti serangkaian tema, seperti boasting raps, rap menyindir, raps omong kosong dan rap untuk pesta. Tentu saja, ini bukan untuk mengatakan bahwa lirik yang menarik adalah satu-satunya kunci untuk lagu rap yang bagus.

Cara seorang rapper menggunakan ketukan untuk menekankan kata-kata dan frasa, juga dikenal sebagai “flow”  adalah apa yang membedakan seorang rapper berbakat dari seorang amatir.

Para Rapper Yang Sudah Sangat Terkenal

Mungkin diantara kita semua ada yang memang pecinta musik rap dan sudah tahu banyak tentang musik ini. Nah. bagi kalian yang masih baru kenalan dengan dunia rap. Alangkah baiknya kalau kalian kenalan sama para rappernya dulu. Berikut ini adalah para rapper yang sudah sangat terkenal.

Jay-Z

Shawn Corey Carter, lahir di Brooklyn, New York City, 4 Desember 1969; berusia 44 tahun, namun ia lebih dikenal dengan nama Jay-Z.Ia adalah seorang penyanyi, rapper dan pencipta lagu berkebangsaan Amerika Serikat yang berkarier di dunia musik sejak tahun 1989.

Jay-Z merupakan salah satu artis terlaris di dunia sepanjang masa, ia telah menjual lebih dari 75 juta rekaman. Ia juga merupakan salah satu rapper terbesar sepanjang masa, ia juga telah menduduki peringkat nomor satu oleh MTV dalam daftar The
Greatest MCs of All-Time pada tahun 2006.

3 Dari albumnya, Reasonable Doubt (1996), The Blueprint (2001) dan The Black Album (2003), telah masuk dalam daftar majalah Rolling Stone dari 500 album terbesar sepanjang masa.

Tupac

Tupac Amaru Shakur (lahir di New York City, New York, Amerika Serikat, 16 Juni 1971 – meninggal di Las Vegass, Nevada, Amerika Serikat, 13 September 1996 pada umur 25 tahun.

Nama aslinys adalah Parish Lesane Crooks dan ia merupakan seorang rapper, aktor, aktivis dan penyair dari AS. Ia memiliki nama samaran 2Pac, Makaveli dan ‘Pac. Dalam Guinness Book of World Records ia dikenal sebagai rapper tersukses dunia, karena ia telah menjual lebih dari 73 juta album di dunia, termasuk 44,5 juta di AS. Kebanyakan lagu Shakur ditulis mengenai kekerasan di ghetto, rasisme, masalah sosial dan kadang pertengkarannya dengan rapper lain.

Eminem

Eminem yang memiliki nama lahir Marshall Bruce Mathers III adalah seorang rapper, aktor dan juga produser musik Amerika yang lahir pada 17 Oktober 1972 di St. Joseph, Missouri. Eminem telah menjual lebih dari 172 juta album yang membuatnya menjadi artis hip-hop dengan penjualan terbaik sepanjang masa.

Majalah Rolling Stone telah memberikan peringkat 83 pada daftar 100 Greatest Artists of All Time, yang kini telah menjadikan dirinya sebagai Raja Hip Hop. Termasuk karyanya dengan D12 dan Bad Meets Evil, Eminem telah memiliki sepuluh album nomor satu di Billboard 200.

Saykoji

Kita beralih ke Indonesia dulu ya, dalam daftar selanjutnya ada Ignatius Rosoinaya Penyami, biasa disingkat Igor atau lebih dikenal dengan nama Saykoji. Ia adalah seorang rapper asal Indonesia.

Pria kelahiran Balikpapan, Kalimantan Timur pada 8 Juni 1983 ini telah memiliki anak yang bernama Aaron Miguel Penyami dari pernikahannya dengan Tessy Penyami. Igor kemudian memilih nama Saykoji sebagai nama panggungnya.

Hal ini bermula ketika ia masih sekolah dulu bukanlah orang gaul, tapi seorang penyendiri, sampai pernah disebut sebagai pschyo. Dari julukan inilah, nama Saykoji muncul. Lagu hits-nya yang berjudul ONLINE sempat banyak disukai kalangan muda di Indonesia.

Rap-Monster ‘BTS’

Siapa sih yang gak kenal dengan lelaki asal boyband BTS ini. Apalagi, sekarang nama BTS sedang berada dipuncak yang paling tinggi di antara boyband lainnya. BTS atau Bangtan Boys ini telah mulai debut 12 Juni lalu di bawah Big Hit Entertainment yang masih anak perusahaan JYP Entertainment.

Dalam grup tersebut, Rap Monster  telah diangkat menjadi leader sekaligus rapper utama. Pria bernama asli Kim Namjoon yang lahir pada 12 September 1994. Ia merupakan leader di BTS. Ia kerap tampil dengan kaca mata hitam ketika menyanyi di atas panggung. Bersama dengan Suga, J-Hope dan Jungkook, Rap Monster berbagi part nge-rap dalam lagu debut mereka ‘No More Dream’ dan ‘We Are Bulletproof pt 2’.

Cara Belajar Mengasah Lirik Lagu Rap

Segala sesuatu hal tidak ada yang sulit jika kita memang mempunyai niat untuk mempelajarinya. Kalau kalian memang ingin belajar ngerap. maka terlebih dahulu harus mengenal tentang dunia rap. Berikut ini ada beberapa tips dasar untuk belajar ngerap.

  • Lebih sering mendengar musik rap

Seperti yang sudah mimin katakan tadi kalau memang kalian ingin berlajar ngerap, maka kalian harus menyatukan diri dengan budaya dan suasana musik hip-hop dan rap. Ini merupakan jenis musik yang terkadang menyinggung kehidupan kota dan budaya.

Kalian juga bisa mencari para rapper yang kalian sukai untuk mendapatkan kesan dasar hip-hop dan kalian bisa mencontoh gaya mereka sebagai permulaan. Dengarkan juga lagu-lagu seniman rap populer atau kalian juga bisa mendengarkan lagu para rapper lama.

– Dengarkan musik tersebut dari berbagai wilayah yang berbeda: Dengarkan hip-hop “boom-bap” gaya New York, rap gangsta West Coast, rap chopped dan screwed Dirty South dan juga hip-hop bawah tanah.

-Musik rap kontemporer berhubungan dengan budaya mengkompilasi lagu-lagu yang direkam dalam berbagai format audio. Sebuah versi online kompilasi lagu-lagu lama tersedia di toko-toko rekaman, sebagian besar lagu rapper berkualitas-album tersedia untuk diunduh gratis sebagai taktik promosi.

  • Menyatukan Ketukan

Melakukan sebuah rap sebenarnya lebih dari sekedar mengatakan sesuatu yang bersajak. Bila kalian ingin melakukan rap, maka kalian harus menyelami musik tersebut sampai ke sumsum tulang.

Jadi kalau otak dan tubuh kalian gak menyatu dalam ketukan, maka rap yang kalian buat akan terasa kaku dan gak alami.

-Ketika kalian mulai mendengarkan sejumlah musik rap yang kalian suka, kalian hanya perlu mendengarkan dan mengabaikan kata-katanya. Dengarkan saja instrumentalnya dan bagaimana arus kata-kata tersebut nampak cocok dengan ketukan.

-Pertimbangkan beatbox sebagai alat untuk mempelajari irama, cara ini tidak hanya akan menolong kalian memahami irama, tetapi akan menjadi teknik yang bermanfaat begitu kalian mulai melakukan rap sendiri.

  • Lakukan rap terus menerus

Cobalah untuk menghafal setiap kata dan lakukan rap dengan earbuds, dengan stereo, di dalam mobil dan di saat kalian sedang bersantai. Lakukan dengan keras dan lakukan dengan percaya diri! Coba lakukan rap secara berulang sampai kalian dapat mengingat setiap kata dan yang lebih penting kalian dapat mendapati semua ketukan dengan benar.

  1. Lihat apakah kalian dapat menemukan nada instrumental lagu rap yang telah kalian hafal. Bila tidak, kalian harus tetap menemukan hal yang sama. Kalian dapat mengunduh dari banyak tempat secara online. Latih setiap kata yang telah kalian hafal bersama dengan ketukan instrumental. Sekali lagi, lakukan yang terbaik untuk tetap pada ketukan yang pas. Hal ini akan membantu kalian untuk mempelajari bagaimana menjaga irama dan tempo.
  2. Ketika kalian sudah mampu menampilkan lagu rap yang telah kalian hafal dengan konsisten dengan mengikuti ketukan instrumental,  maka cobalah untuk mengadaptasinya ke dalam ketukan yang lain. Ambil satu ketukan dengan suara berbeda dan barangkali kalian bisa mencoba dengan tempo yang berbeda. Sekali lagi, kalian dapat menemukan ketukan-ketukan rap secara online di banyak tempat.

Yah, itulah penjelasan tentang musik rap. Memang sih musik rap ini bisa dibilang susah-susah gampang, namun kalau kita sudah mahir hasilnya keren banget loh guys.

This is a Sidebar position. Add your widgets in this position using Default Sidebar or a custom sidebar.