Saat ini industri musik di tanah air sedang maju dengan pesat, bahkan berlum pernah sebelumnya industri ini begitu maju seperti sekarang. Hal ini terjadi karena pesatnya perkembangan media elektronik terutama televisi, industri periklanan, film dan berbagi industri kreatif lainnya.

Tentu saja kondisi ini membuka peluang kerja yang cukup besar yang dibutuhkan didalamnya. Sebagai contoh profesi seorang komposer dan arranger musik yang merupakan salah satu profesi penting dalam bagian industri musik. Sama halnya dengan musisi yang amat begitu penting bagi seorang penyanyi. Lalu adakah terdapat perbedaan diantara ketiganya (komposer, musisi dan penyanyi)? 

Apa Itu Musisi?

Musisi adalah individu yang memainkan alat musik atau menulis sebuah lagu, serta memiliki sebuh kemampuan dalam salah satu atau lebih alat musik. Menghabiskan waktu untuk mempelajari hal-hal tersebut yang berkaitan dengan musik, menampilkan pertunjukan musik dan mendengarkan musik dengan seksama.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) juga menjelaskan definisi musisi, yang merupakan sinonim dari kata musikus, yaitu orang yang mencipta, memimpin atau menampilkan musik, pencipta atau pemain musik. Pemusik (pe- + musik) berarti pemain musik (seperti pemetik gitar, penggesek biola, atau pemain piano). Jadi, arti pemusik lebih sempit daripada musisi dan musikus.

Kata musikus diserap dari kata bahasa Belanda musicus, sedangkan musisi dari kata bahasa Belanda musici. Dalam bahasa Belanda, musici adalah bentuk jamak dari musicus. Karena bahasa Indonesia tidak mengenal pembedaan bentuk jamak, kedua kata serapan ini pun merupakan sinonim sama persis dalam bahasa Indonesia.

Musisi dapat mempelajari keahliannya secara otodidak melalui pengalaman-pengalaman pribadi, ataupun dengan pendidikan formal bersama seorang instruktur pribadi atau guru dalam suatu lembaga Musisi dapat bersifat amatir maupun professional, hal ini memiliki definisi yang meluas.

Musisi memiliki level aktivitas dan ambisi dalam bermusik, yang seringkali membuat musik menjadi sebuah hobby maupun profesi. Musisi professional menganggap kegiatan bermusik sebagai suatu hal yang bersifat “menyatu” dengan musik, yang menggambarkan hubungan yang berkelanjutan dan aktif, terutama setelah menyelesaikan pendidikan formal.

Musisi amatir bukanlah suatu hal yang berkebalikan dengan musisi professional. Amatir berasal dari bahasa latin “amo” yang berarti mencintai. Deverich (2009) menyatakan bahwa musisi amatir adalah sesorang yang menyukai atau mencintai memainkan musik.

Bicara soal musisi, memang nggak hanya berhenti pada soal teknis, pembelajaran akademis dan skill semata. Ketika memutuskan jadi musisi, banyak faktor yang bisa memengaruhi kesuksesan seseorang.

Memang, menguasai instrument musik mungkin bisa disebut hal yang utama ketika menjalani profesi sebagai musisi. Tapi ingat, itu saja nggak cukup lho. Nah, kali ini ada beberapa hal acuan untuk menjadi seorang musisi yang berkualitas.

Tips Sukses Menjadi Musisi

Menjadi musisi itu gampang-gampang susah dan tidak semua orang bisa menjadi musisi yang baik dan hebat. Namun demikian, untuk bisa menjadi seorang musisi yang bukan sekedar musisi saja cukuplah sulit. Dimana kita ketahui untuk mencari nama bukanlah suatu hal yang mudah untuk dilakukan.

Musisi yang sukses adalah yang diimpi-impikan. Berikut ada beberapa tips yang baik anda lakukan jika anda berkeinginan menjadi seorang musisisi.

1. Aransemen

Kedengarannya susah dan ternyata memang tidak mudah. Tapi ketika kamu menguasai teori musik dasar, sebenarnya saat itu kamu bisa belajar soal aransemen ini. Lakukan eksperimen dengan instrument yang kamu kuasai dan mulailah berkreasi dengan musikmu.

2. Diversify (kreatif & unik)

Sebagai seorang musisi, mungkin kita punya acuan musik yang jadi kiblat kita. Tapi mencoba menelisik dan kemudian belajar menikmati musik yang tidak biasa kita dengar, akan membantu wawasan kita. Misalnya kamu tidak suka dengan ska, punk atau rock misalnya.

Cobalah “menyentuhnya’ dengan alat musikmu. Kadang-kadang ditemukan satu “kenikmatan” dan style musik yang enjoy dan fun, dari ketidaksukaan terhadap musik itu sendiri. Paling tidak punya pengalaman baru bermain-main di area yang tidak kita kenal sebelumnya.

3. Gabung Ke Komunitas Musik

Mencari komunitas atau lingkungan bermusik yang sehat, tentu akan membuat skill dan kemampuan personalmu meningkat. Kalau berada di area yang sama sekali tidak ngerti teknis, komposisi dan aransemen, agak sulit tentunya untuk mengembangkan diri. Bergabung dengan band, paduan suara, chamber, atau orkestra, bisa mengasah teknis individu kamu.

Lalu jangan cepat puas hanya dengan menguasai satu jenis musik saja. Sudah puaskah kamu ketika kamu disebut musisi handal ketika kamu baru menguasai satu jenis musik saja? Nah kamu boleh aja puas, itu nggak salah sama sekali. Namun, menjadi musisi adalah lebih baik kalau kamu bisa mengenalnya secara keseluruhan. Artinya paham dan mengapresiasi musik.

4. Mendengar Dan Mendengar Musik

Melatih kepekaan telinga terhadap musik. Hal ini harus kita latih terus menerus dibanding sekadar bermain musik tanpa juntrungan yang jelas. Di era sekarang yang teknologi sudah di depan mata, ada banyak cara dan peluang untuk mendengar dan mengerti sebuah komposisi dengan lebih baik.

Ini akan membantu kita, saat mendengar satu komposisi musik yang mungkin kurang nyaman baik dari karya sendiri atau komposisi milik musisi lain.

5. Aksi Panggung

Cari panggung dan peluang yang bisa membuat karyamu didengar dan diapreasiasi orang. Untuk pemula atau yang baru merintis karir sebagai rockstar atau popstar, penguasaan panggung, komunikasi dengan audiens, adalah pengalaman berharga dan pasti penting.

Kelak, kamu bisa memilih panggung mana yang ingin kamu mainkan. Dengan catatan, apresiasi terhadap musikmu mulai didapat. Kalau untuk pemula, panggung-panggung lokal dan kecil, bolehlah dicoba sebagai pemanasan. Kesimpulannya adalah yang paling penting untuk sukses di industri musik adalah inovasi, kecintaan, konsisten dan giat dalam menekuni bidang ini.

Seperti orang yang sedang diet, kamu harus fokus dengan instrument apa yang ingin kamu mainkan. Itu tentu saja untuk mendapat hasil terbaik. Fokus dan berlatih menjadi salah satu acuan untuk menjadi seorang musisi yang baik dan berhasil.

Apa Itu Komposer?

Komposer dalam bahasa Indonesia ialah komponis, yaitu orang yang wilayah kerjanya di dalam seni musik sangat rumit, komplek dan tidak mudah untuk melakukannya.

Membuat komposisi-komposisi baik itu musik maupun vokal yang dilakukan dengan menggunakan strukturisasi musik secara komprehensif, adalah sebuah perlakuan terhadap seni musik yang memerlukan berbagai aspek penunjang yang tidak bisa hanya dengan merenung sambil menunggu inspirasi datang sebagai mana yang sering dilakukan oleh penulis/penggubah lagu.

Tanpa pengetahuan musik yang luas serta peralatan penunjang lain yang memadai seperti alat-alat musik serta kemampuan untuk menguasai berbagai macam software editing beserta tempat dan relasi-relasi kerja yang baik tentu peluang menjadi komposer yang “laku” akan semakin tertutup.

Untuk menjadi komposer tak sebatas hanya bisa menulis lagu, juga mengaransemen lagu atau musik semata. Karena seorang komposer dituntut untuk memiliki keahlian membuat komposisi-komposisi musik maupun vokal secara total yang dilakukan dengan strukturisasi musik secara komprehensif.

Maka dari itu, untuk dapat menuangkan ide-ide kreatifnya, seorang komposer tidak bisa hanya sebatas duduk manis sambil menunggu inspirasi datang untuk menjalankan profesinya.

Selain bergerak pada bidang industri musik, teryata seorang komposer musik sangat diperlukan untuk keperluan industri lainya. Industri film dan iklan adalah contohnya, seorang komposer biasanya dituntut untuk mengisikan elemen music pada film dan iklan berupa soundtrack atau jingle.

Sebagai contoh adalah pada film, pada awalnya semua film bentuknya adalah film bisu, yaitu potongan-potongan gambar bergerak yang sunyi tanpa suara sampai diterapkannya penggunaan soundtrack pada pembuatan film. Soundtrack menyimpan semua data suara yang ada di dalam film termasuk suara, musik, dan sound effect.

Disinilah sebagian besar letak pekerjaan sebagai composer musik untuk soundtrack film ataupun jingle iklan. Dalam Sebuah film dan iklan, seorang komposer musik akan membuat salah satu dari 2 macam musik yaitu soundtrack atau scoring.

Soundtrack adalah musik yang diputar dari awal sampai akhir film atau iklan. Jenis musik seperti inilah yang benar-benar disebut jingle, karena ada melodi dan nyanyiannya. Scoring adalah musik yang mengikuti pergerakan gambar. Apa yang terjadi di layar musiknya harus mengikuti, terlepas dari bar, ketukan, melodi dan sebagainya.

Kesimpulannya, komposer/komponis ini bisa juga dikatakan sebagai seorang penulis lagu sekaligus arranger ( Arranger adalah orang yang lingkup kerjanya mengubah lagu yang masih polos, yakni baru berupa lirik dan vokal sederhana saja menjadi sebuah lagu yang utuh baik secara vokal maupun musikalisasinya secara keseluruhan hingga menjadi lagu yang siap untuk diperdengarkan publik).

Di Indonesia sendiri banyak komposer-komposer hebat seperti halnya dibawah ini.

Komposer Handal Indonesia

Siapa aja sih nama-nama komposer Indonesia yang kamu tau? Pasti masih banyak banget nih yang belum paham dengan baik profesi mereka, meskipun beberapa mungkin udah tau nama dan wajah komposer-komposer tersebut sebagai artis. Nmaun masih belum tahu bahwa sebenarnya mereka adalah orang-prang yang memiliki prestasi lebih. Nah, siapa saja? Untuk itu kita simak ulasannya berikut ini.

1. Elfa Secioria

Nama yang satu ini bisa dibilang legenda musik Indonesia. Meninggal pada 8 Januari 2011, Elfa meninggalkan begitu banyak warisan berharga untuk negara ini, bukan hanya grup vokal Elfa’s Singer, tetapi juga akar musikalitas dan pengaruh lainnya. Tanggal 23 Maret 2011, almarhum menerima Penghargaan Hadiah Seni dari Pemerintah Indonesia.

2. Purwacarakan

Darah musik tampaknya memang deras mengalir dalam diri kakak-beradik ini. Adik perempuan Purwatjaraka adalah Trie Utami, yang juga seorang musisi. Purwacarakan merupakan sosok jenius di balik banyak produksi serial dan film Indonesia. Ia juga sering tampil sebagai komposer dalam pergelaran orkestra.

Kakak dari penyanyi Trie Utami ini emang cinta banget sama dunia musik. Salah satu pencapaian pribadinya ialah mendirikan sekolah musik Purwacaraka Music Studio, yang kini udah mempunyai puluhan cabang tersebar di berbagai penjuru Indonesia.

3. Andi Rianto

Andi Rianto lahir di Sorong, mulai belajar memainkan piano sejak usia 4 tahun. Sepertinya musik memang jadi panggilan hati, karena setelah menuntaskan pendidikan di Amerika Serikat, ia kembali ke Jakarta untuk mendirikan Magenta Orchestra.

Salah satu program televisi yang walaupun tidak bertahan lama namun mampu mengubah anggapan masyarakat atas musik klasik yang katanya membosankan, HARMONI, merupakan cetusan ide dari pria yang 2 kali jadi nominator Festival Film Indonesia sebagai Penata Musik Terbaik.

4. Addie MS

Addie Muljadi Sumaatmadja nama lengkapnya, lebih dikenal dengan nama Addie MS. Suami dari Memes ini dikenal sudah lama menjadikan musik klasik sebagai pilihannya. Dari sana, Addie mendirikan Twilite Orchestra dan sampai sekarang masih memegang tongkat konduktor orekastra.

Kiprah pria 52 tahun ini tak perlu diragukan lagi. Bukan hanya di dalam negeri, Addie MS bersama Twilite Orchestra telah berulangkali membawa nama Indonesia di kancah internasional. Belakangan, bapak 2 anak ini juga serta dalam pembuatan musik beberapa film layar lebar anak negeri.

5. Dwiki Dharmawan

Pernah dengar Megalithicum Quantum? Yup, itu merupakan salah satu karya fenomenal dari komposer Indonesia yang satu ini. Dwiki dikenal sebagai komposer jazz yang sangat handal. Suami Ita Purnamasari ini juga dikenal sebagai personel band Krakatau.

Elfa Secioria adalah orang penting dalam kehidupan musik Dwiki. Musik jazz mengantarnya berkeliling dunia. Selain sempat mengelola sekolah musik Farabi di Indonesia, ia juga bergabung bersama World Peace Orchestra.

6. Erwin Gutawa

Kalau komposer satu ini, ia juga pernah main di beberapa film di tahun 70-an, sebelum menjelang akhir 80-an, memutuskan sepenuhnya terjun ke musik. Erwin mengawali karier dengan bergabung bersama grup musik Karimata, ayah dari penyanyi Gita Gutawa ini akhirnya memutuskan untuk fokus sepenuhnya di dunia musik.

Nggak tanggung-tanggung, ia pun mendirikan Erwin Gutawa Orchestra pada tahun 1993 dan hingga kini masih aktif meramu musik baik untuk keperluan pertunjukan orkestra, maupun mendukung para musisi dari balik layar.

Apa Itu Penyanyi?

Penyanyi adalah orang yang menggunakan suaranya sebagai alat untuk menciptakan musik. Penyanyi berasal dari kata dasar nyanyi. Penyanyi memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga penyanyi dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.

Menyanyi adalah melantunkan suara dengan nada-nada yang beraturan, biasanya menyanyi diiringi dengan alat musik, baik itu menyanyi secara single/sendirian maupun menyanyi dalam kelompok. Dan jika anda berkeinginan menjadi seorang penyanyi, hal utama yang harus anda miliki ialah suara indah.

Namun jika Anda tidak memiliki bakat alam (otodidak) di bidang olah vokal, mengikuti kursus bisa menjadi salah satu cara mengembangkan kemampuan menyanyi.

Penyanyi Indonesia Yang Go International

Dan tahukah anda bahwa pada saat ini tak dipungkiri lagi bahwa penyanyi Indonesia nyatanya mampu ‘keluar kandang’ bersaing dengan penyanyi kelas dunia. Banyak nama penyanyi yang akhirnya mengharumkan nama Indonesia lewat karya-karyanya yang berkelas. Namun siapa sajakah mereka? Kita simak ulasannya berikut ini.

1. Anggun C Sasmi

Anggun C Sasmi, wanita keturunan Jawa saat ini telah menjadi artis fenomenal di tingkat dunia. Anggun membangun karirnya sebagai Lady Rocker dari Indonesia. Semangat dan kegigihan Anggun berhasil membawa kejayaan dirinya. Walau pun penyanyi berkulit eksotis ini telah menetap di Prancis, ia tetap tidak melupakan Tanah Air tempat ia dilahirkan.

2. Agnez Mo

Siapa yang tidak kenal dengan Agnes Monica? Agnez Mo yang memiliki nama asli Agnes Monica Muljoto ini memang dapat disebut sebagai aktris multitalenta. Ia adalah seorang penyanyi, dancer, presenter dan pemain sinetron. Mantan penyanyi cilik ini selalu berhasil berkarya di dalam negeri mau pun luar negeri. Agnes Monica berhasil mewujudkan cita-citanya untuk go international.

Terbukti dengan rilisnya single “Coke Bottle”. Agnes pun mendapat kesempatan luar biasa karena bisa bekerja sama dengan Timbaland dalam debutnya. Artis multitalenta ini juga menandatangani kontrak dengan label musik raksasa, yaitu Sony Music Global dan Sony Music USA.

3. Syaharani

Dari berbagai nama penyanyi jazz senior tersohor di Indonesia, Syaharani jadi satu yang tentu saja dikagumi serta dihormati banyak orang. Bukan cuma itu saja, sepak terjangnya di dunia musik juga sudah banyak dikenal publik internasional sejak lama.

4. Sandhy Sandoro

Pelantun “Tak Pernah Padam” ini telah banyak mengharumkan nama Indonesia dengan suara khasnya yang serak. Mungkin banyak yang tidak tahu bahwa Sandhy Sandoro adalah pemenang International Contest of Young Pop Singer yang diadakan di Latvia pada 2009 lalu. Yang semakin membanggakan adalah pada 2010, Sandhy bahkan diundang untuk tampil oleh penulis lagu asal Amerika Serikat, Diane Warren.

5. Dira Sugandi

Nama Dira Sugandi yang sukses dikenal penikmat musik dunia lewat album debutnya, SOMETHING ABOUT THE GIRL. Semakin spesial karena debut album tersebut diproduseri oleh salah satu personel Incognito. Talenta bermusik Dira Sugandi sudah didapatkan sejak kecil.

Dira sudah memiliki pengalaman tampil bersama banyak musisi dan kelompok musik seperti Soulmate, Maestro Big Band, Rika Roeslan, Sova, Imam Praz Quartet, bahkan dengan Incognito. Dira juga pernah manggung bersama Keith Martin saat dia datang ke Bandung pada 2005 lalu.

Akhir-akhir ini perkembangan musik di Indonesia bisa dibilang sangat membanggakan. Hal ini bisa dilihat dari perkembangannya yang begitu cepat dalam dua dekade terakhir. Dan tak bisa dipungkiri lagi jika kini banyak lahir musisi-musisi atau band Indonesia yang mampu ‘keluar kandang’ bersaing dengan musisi kelas dunia.

Terlepas dari perbedaan genre, banyak diantaranya yang akhirnya mengharumkan nama Indonesia lewat karya-karyanya yang berkelas. Dan untuk itu demikianlah penjelasan mengenai perbedaan antara penyanyi, musisi dan komposer.

This is a Sidebar position. Add your widgets in this position using Default Sidebar or a custom sidebar.