Kami yakin bahwa kamu pasti pernah mendengarkan musik, bahkan mungkin setiap hari kamu selalu memutar lagu favorit. Ada banyak aliran musik sekarang ini yang setiap orang mempunyai seleranya masing-masing.

Baik anak-anak, remaja, bahkan orang tua pun sangat suka mendengarkan musik. Bagi setiap orang, musik memiliki arti tersendiri. Meski pada kenyataannya, musik merupakan salah satu penyemangat hidup.

Banyak yang bilang, kalau hidup kita tanpa musik akan terasa sangat sepi dan pastinya membosankan. Karena musik bisa memberikan warna baru di dunia dan juga bisa menjadi penghibur bagi diri kita sendiri.

Adapun aliran musik yang biasa kita dengar di telinga kita seperti rock, jazz, reggae, pop dan yang menjadi minat semua masyarakat di Indonesi bahkan ikonnya negara kita adalah dangdut.

Dangdut sendiri merupakan salah satu dari genre seni musik populer tradisional asli Indonesia yang khususnya memiliki unsur-unsur Hindustani (India, Melayu, dan Arab). Tak heran, jika banyak kalangan dalam bahkan luar negeri yang sangat menyukai aliran musik satu ini.

Dari dulu hingga sekarang, musik sudah ditemukan di hampir semua tempat dan sangat bervariasi dari waktu ke waktu. Karena semua orang di dunia, termasuk kelompok suku-suku terpencil sekalipun memiliki bentuk musiknya sendiri. Jadi dapat disimpulkan, bahwa musik telah hadir dalam populasi leluhur kita dulu sebelum penyebaran manusia di seluruh dunia.

Musik telah ada selama setidaknya 55.000 tahun dan musik pertama mungkin diciptakan di Afrika dan kemudian berevolusi menjadi konstituen fundamental kehidupan manusia. Musik budaya biasanya dipengaruhi oleh semua aspek lain dari budaya itu sendiri, termasuk organisasi dan pengalaman sosial, ekonomi, iklim, dan akses ke teknologi.

Emosi dan ide-ide yang terkandung dalam musik, situasi di mana musik dimainkan dan didengarkan, serta sikap terhadap pemutar musik dan komposer semua bervariasi tergantung daerah dan periode.

“Music History” adalah sub-bidang musikologi dan sejarah yang berbeda yang mempelajari musik (terutama seni musik Barat) dari perspektif kronologis.

Hal inilah yang membuat kami untuk membuat artikel tentang musik yang mungkin masih banyak sebagian dari anda semua belum tahu sejarah awal musik ini.

Belum lagi aliran musik baru yang sejak berkembangnya sampai sekarang ini sudah banyak sekali genre yang berbeda-beda dari yang biasanya. Daripada anda penasaran, langsung aja simak terus artikel kami sampai habis ya.

Arti Musik Sebenarnya

Jika anda berniat menelusuri pengertian dari musik ini apa, pasti semua jawaban yang tertera hampir sama yaitu suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan terutama dari suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama.

Istilah musik berasal dari bahasa Yunani yaitu mousikos, yang diambil dari salah satu nama dewa Yunani. Mousikos dilambangkan sebagai suatu dewa keindahan dan menguasai bidang seni dan keilmuan.

Tetapi untuk lebih menghargai musik sepenuhnya, penting untuk kita memahami cara kerja bagian dalamnya setidaknya sampai batas tertentu. Musik itu luar biasa kompleks, tetapi beberapa rumus dan pengetahuan tentang musik dapat membantu anda memahaminya dengan lebih mudah.

Dalam menggunakan kata “mengerti”, kita perlu mengklarifikasi makna teori musik itu sendiri. “Teori” musik adalah cara berbicara dan menghubungkan teknik dan proses desain yang serupa.

Itu selalu tetap hanya “teori” musik karena dasar terakhir untuk penilaian selalu didasarkan pada subjektivitas, pendapat pribadi, dan dapat diperdebatkan secara definitif dari sudut yang bisa dibayangkan.

Jenis-Jenis Musik Yang Ada

Musik hadir dalam berbagai jenis dan gaya mulai dari musik rock tradisional, pop, easy listening, dan blues. Banyak genre memiliki sejarah yang kaya atau signifikansi secara geografis, pengikut kultus atau akar musik yang jauh melampaui abad ke-20.

Jenis musik atau yang biasa anda kenal dengan istilah genre adalah pengelompokkan seni musik berdasarkan gaya dan tradisi. Beberapa lagu yang dinyanyikan oleh setiap band atau penyanyi solo pasti memiliki genre tersendiri. Hal ini dilakukan sesuai dengan karakter suara (bagi penyanyi solo) atau dengan kesepakatan bersama aliran mana yang akan dimainkan (bagi grup band).

Sebenarnya ada ratusan jenis genre dan satu genre bisa terdiri dari beberapa cabang genre. Namun kami hanya menampilkan genre musik yang umum di dunia saja. Berikut adalah jenis-jenis musik berdasarkan genre. Langsung saja kita simak yang pertama:

  • Pop (Populer)

Istilah “pop” berasal dari “populer” yang merupakan bentuk modern dari rock and roll. Musik pop terbentuk pada tahun 1950-an. Musik ini lebih lembut dari rock and roll. Genre musik ini menjadi genre musik paling populer di dunia.

  • Blues

Blues adalah genre musik yang berasal dari masyarakat Afrika-Amerika dan lahir sekitar akhir abad ke-19. Ciri-ciri musik blues adalah lirik awalnya yang terdiri dari satu baris yang diulang empat kali. Meskipun ciri tersebut hanya ada pada dekade pertama abad ke-20.

Pola musik blues sekarang disebut pola AAB. Musik ini juga berkaitan dengan musik keagamaan masyarkat Afro-Amerika yang kebanyakan merupakan rohaniawan. Sebelum abad ke-20, musik Blues hanya populer di kalangan orang Amerika berkulit hitam.

  • Jazz

Jazz merupakan salah satu jenis musik yang lahir di Amerika sekitar awal abad ke 20. Genre musik ini adalah improvisasi dari berbagai jenis musik, seperti ragtime, blues, brass band, musik tradisional Eropa dan musik tradisional Afrika.

Instrument yang biasa dipakai dalam musik Jazz adalah biola, piano, saksofon, bass, drum, gitar, trombone dan terompet. Perkembangan musik Jazz bisa dibilang menakjubkan, dari yang awalnya dihina bertransformasi ke dalam musik kelas atas.

  • Hip Hop

Musik hip hop adalah genre musik yang terdiri dari musik berirama dan bergaya yang biasanya terdapat rap dan vokal ritmis. Vokalis biasanya membaca lirik lagu seperti membaca biasa namun dengan ritme tertentu. Hip-hop biasanya dikaitkan dengan break dance, beat box, dan grafiti. Budaya musik hip hop dimulai pada tahun 1970-an.

  • Funk

Funk menjadi salah satu dari jenis-jenis musik populer yang ada. Perlu kamu ingat, jenis musik funk tidak sama dengan punk. Musik funk berasal dari daerah Afrika dan Amerika di mana mencampurkan musik jazz, RnB, dan soul.

Yang paling terdengar dari sajian musik funk adalah bunyi dari gitar, bass, dan drum. Ritmenya tajam serta terpotong-potong. Tidak sedikit pecinta musik ini yang menila bahwa funk dapat menjadi dalah satu genre yang cocok untuk menari.

  • Rock

Musik rock adalah genre musik populer yang berasal dari musik rock and roll di Amerika serikat pada tahun 1950-an. Musik ini mendapat pengaruh dari blues, jazz, klasik, dan lain-lain.

Musik rock fokus pada gitar listrik. Satu grup musik rock terdiri dari gitar bass, gitar listrik, dan drum. Liriknya sering menekankan tentang cinta romantis atau politik dalam tekanan. Kebanyakan pemainnya adalah laki-laki.

  • Metal

Musik Metal berawal dari kata Heavy Metal yang terdapat dari lagu band Hard Rock tahun 1960an, Steppenwolf. Seiring berkembangnya musik rock pada tahun 1970an, nama Heavy Metal kemudian dijadikan aliran tersendiri, dengan merujuk pada blues rock dan psychedelic rock. Genre baru ini bercirikan solo gitar yang panjang, distorsi gitar yang kuat dan ketukan yang cepat disemua instrument alat musiknya.

Heavy metal pada era ini melahirkan band-band besar seperti Led Zeppelin, Black Sabbath dan Deep Purple. Namun, elemen blues masih terlihat kental mempengaruhi di era ini. Selanjutnya Judas Priest mengimprovisasi genre ini dengan meniadakan unsur blues nya, sehingga hanya mengandalkan distorsi, beat yang lebih cepat dan harmoni.

Perkembangan demi perkembangan terus terjadi dalam sejarah salah satu jenis musik ini sampai akhirnya menjadikannya terbagi menjadi beberapa sub-genre, diantaranya Nu Metal, Glam Metal, Death Metal, Doom Metal, Black Metal, Trash Metal, Folk Metal dan Power Metal.

  • Raggae

Ragge merupakan jenis musik yang berkembang pada tahun 1960an akhir di daerah Jamaika. Jenis musik ini perpaduan dari musiknya yang serupa yaitu ska dan rocksteady.

Tempo dalam musik ini lebih lambat dan terdengar santai, namun tetap memiliki beat yang dapat membuat kamu bergerak. Ketukan-ketukan dalam jenis-jenis musik populer yang satu ini sangat khas. Musisi raggae terkenal dunia di antaranya Bob Marley, Toots Hibbert, dan Jimmy Cliff.

  • Dangdut

Semua warga Indonesia wajib tahu ini. Dangdut pasti sudah sering denger lah, soalnya musik ini kan berasal dari Indonesia. Dangdut punya nuansa India dan Melayu. Genre musik dangdut juga lekat dengan alat musik tradisional dan makin kesini juga sudah menggunakan alat musik modern namun tetap alat musik tradisional wajib dipake dong.

Awalnya sih dangdut hanya dinikmati oleh masyarakat menengah ke bawah. Namun semakin tahun semua kalangan suka dan sering menikmatinya. Contoh beberapa musisi dangdut yang sekarang ini sering anda dengar seperti Rhoma Irama, Nella Kharisma, dan mbak Via Vallen.

Unsur Yang Terdapat Dalam Musik

Mempelajari dan memperdalam musik sebagai seni, tidak hanya monoton melalui contoh-contoh karya musik yang ada saja, namun harus lebih masuk kedalam mulai dari pengertiannya, jenisnya, fungsi seni musik itu sendiri sampai dengan unsur-unsur musik yang ada.

Seperti halnya dengan unsur-unsur seni sastra dan seni lainnya, musik juga memiliki beberapa hal yang menyusunnya. Berikut ini beberapa unsur dari musik dan pengertiannya yang akan kami jelaskan dalam urai di bawah ini.

Melodi : Merupakan suatu kesatuan frase yang tersusun dari nada-nada dengan urutan, interval, dan tinggi rendah yang teratur. Melodi menjadi daya tarik dari suatu musik.

Irama : Merupakan pergantian panjang pendek, tinggi rendah, dan keras lembut nada atau bunyi dalam suatu rangkaian musik. Irama adalah penentu ketukan dalam musik.

Birama : Merupakan unsur seni yang berupa ketukan atau ayunan berulang-ulang yang hadir secara teratur di waktu yang bersamaan. Birama yang nilai penyebut nya genap disebut birama bainar, sedangkan birama yang penyebut nya ganjil disebut birama tenair.

Harmoni : Merupakan sekumpulan nada yang apabila dimainkan bersama-sama akan menghadirkan sebuah bunyi yang enak dinikmati (didengar). Selain itu, harmoni bisa diartikan dengan suatu rangkaian akor-akor yang disusun selaras dan dimainkan sebagai iringan musik.

Tangga Nada : Merupakan deret nada yang disusun bertingkat, ada 2 jenis tangga nada yaitu tangga nada diatonis dan pentatonis. Tangga nada diatonis tersusun dari 7 buah nada dengan 2 jarak (1/2 dan 1), sedangkan pentatonis tersusun dari 5 buah nada dengan jarak tertentu.

Tempo : Merupakan kecepatan dalam birama lagu. Ukuran kecepatan bisa diukur dengan alat bernama metronome dan alat bernama keyboard. Di dalam keyboard terdapat digital metronome yang bisa berfungsi sebagai pengukur kecepatan dalam birama, misalnya 3/4 atau 4/4. Tempo standar dalam lagu pop biasanya antara 64-80 atau 100-120, untuk lagu mars (musik mars) bisa antara 140-160 dan dixieland atau country ballad mungkin bisa sampai 220.

Masuknya Musik ke Indonesia

Bicara mengenai musik Indonesia, memang tidak dapat dipungkiri lagi jika dangdut adalah aliran musik satu-satunya asli dari Indonesia. Selain dangdut, ada juga beberapa aliran musik yang asli Indonesia meski sekarang ini tidak setenar zaman dulu, misalkan keroncong.

Musik Indonesia atau yang disebut musik Nusantara merupakan semua musik yang berkembang di Nusantara ini, yang mencerminkan atau menonjolkan ciri keindonesiaan, baik dalam segi bahasa maupun gaya melodinya.

Musik Nusantara sendiri terdiri dari musik tradisi daerah, musik keroncong, musik dangdut, musik langgam, musik gambus, musik perjuangan, dan musik pop. Terdapat tahapan- tahapan dalam perkembangan musik Indonesia (nusantara), yaitu:

  • Masa sebelum masuknya pengaruh Hindu- Buddha

Pada masa ini, musik digunakan sebagai bagian dari kegiatan ritual masyarakat. Dalam beberapa kelompok, bunyi-bunyian yang dihasilkan dari anggota badan atau alat tertentu diyakini memiliki kekuatan magis. Instrumen atau alat musik yang digunakan umumnya berasal dari alam sekitarnya.

  • Masa setelah masuknya pengaruh Hindu- Buddha

Pada masa ini, berkembang musik- musik istana khususnya di daerah Jawa. Pada saat itu, musik tidak hanya digunakan sebagai bagian dari sebuah ritual saja, namun juga dalam kegiatan-kegiatan keistanaan sebagai sarana hiburan para tamu raja. Musik istana yang berkembang adalah musik gamelan.

Musik gamelan terdiri dari 5 kelompok, yaitu kelompok balungan, kelompok blimbingan, kelompok pencon, kelompok kendang, dan kelompok pelengkap.

  • Masa setelah masuknya pengaruh Islam

Musik pada masa ini diperkenalkan olah para pedagang Arab. Alat musik yang mereka pergunakan berupa gambus dan rebana. Dari proses itulah kemudian muncul orkes- orkes gambus di Indonesia hingga sekarang.

  • Masa Kolonialisme

Masuknya bangsa Barat ke Indonesia juga membawa pengaruh besar dalam perkembangan musik Indonesia. Para pendatang ini juga memperkenalkan berbagai alat musik dari negeri mereka. Seperti biola, cello (selo), gitar, seruling (flute), dan ukulele. Mereka pun membawa sistem solmisasi dalam berbagai karya lagu.

Pada masa inilah Indonesia mengalami perkembangan musik modern. Pada masa ini para musisi Indonesia menciptakan sajian music berupa perpaduan musik barat dengan musik Indonesia. Sajian musik itu kemudian dikenal sebagai musik keroncong.

  • Masa Kini

Seiring dengan masuknya media elektronik ke Indonesia, masuk pula berbagai jenis musik barat, seperti pop, jazz, blues, rock, R&B dan musik- musik negeri India yang banyak diperkenalakan melalui film-filmnya. Dari perkembangan ini, terjadilah perpaduan musik asing dengan musik Indonesia.

Musik India juga berpadu dengan musik melayu yang kemudian menghasilkan jenis musik dangdut. Maka, muncullah berbagai musisi Indonesia yang beraliran pop, jazz, blues, rock, dan R&B. Berkembang pula jenis musik yang memadukan unsur kedaerahan Indonesia dengan unsur musik barat, terutama alat- alat musiknya. Jenis musik ini sering disebut musik etnis.

Kesimpulan

Musik adalah ungkapan perasaan dan pengalaman hidup manusia yang dituangkan melalui rangkaian nada-nada. Musik juga merupakan suara yang tertata dan teratur.

Mendengarkan musik memiliki pengaruh mendalam pada fisik dan mental seseorang. Mendengarkan musik secara teratur sangat bermanfaat bagi kesehatan karena dapat menghilangkan stress, depresi, pikiran dan tubuh menjadi rileks sehingga tubuh kembali bertenaga.

Manfaat mendengarkan musik adalah mendapatkan stimulus positif, seperti lebih rileks dan memperbaiki mood. Mendengarkan musik akan memberikan tenaga baru, mental yang segar, dan hubungan sosial yang hangat.

Rangsangan musik mengaktivasi jalur-jalur spesifik di dalam beberapa area otak, seperti sistem Limbik yang berhubungan dengan perilaku emosional.

Ada beberapa kesimpulan yang dapat kita ambil dari uraian diatas, yaitu antara lain:

  • Seni musik adalah sebuah karya dari manusia, yang dalam perkembangannya tidak dapat dipungkiri lagi, bahwa seni musik akan berkembang sesuai dengan perkembangan jaman.
  • Perkembangan musik di Indonesia tiap tahun akan berubah sesuai dengan kondisi masyarakat di Indonesia, siapa yang dapat meraih simpati masyarakat, enak didengar, maka aliran itulah yang akan ditirukan oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia.
  • Seni musik dapat membuat pribadi seseorang dapat menghargai karya orang lain dalam segala bidang. Dengan menghargai perbedaan tersebut maka dalam bermasyarakat berbangsa dan bernegara akan tercipta suasana yang aman, nyaman dan harmonis dalam masyarakat.
  • Seni Musik tidak akan pernah padam atau tidak akan bias dipadamkan oleh siapapun, dengan kondisi apapun dan dimanapun berada.

Bagaimana, anda sudah tau kan apa itu musik? Musik bukan sekedar alunan suara yang dikeluarkan dari alat yang dimainkan saja, ternyata musik juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita.

Semoga dengan artikel ini dapat menambah wawasan anda dan dapat lebih jauh lagi memahami tentang musik. Begitulah pengertian musik lengkap dengan unsur penyusun dan jenis genre beserta penjelasan fungsi nya. Semoga bermanfaat

This is a Sidebar position. Add your widgets in this position using Default Sidebar or a custom sidebar.